PRE AU PAIR 3 – Mengurus Visa Au Pair di Kedubes Jerman


Jangan dikira setelah mendapatkan keluarga, cobaan para Au Pair berhenti. Masih ada banyak drama ketika kalian akan, sedang dan setelah mengurus visa. Jika ingin mengetahui syarat visa Au Pair dan dokumen yang harus dibawa (selain print out Termin), silahkan ketik visa Jerman untuk Au Pair Indonesia di Google. Nantinya akan muncul situs resmi Kedubes. 


Situs Kedubes Jerman untuk Membuat Termin

Email dari Kedubes Setelah Membuat Termin



Beberapa  dokumen yang saya ingat , yaitu:

1. Foto biometris sebanyak 3 buah, nantinya dikembalikan satu. Cukup diklip saja, jangan direkatkan. Silahkan cek situs Kedubes Jerman untuk aturan foto. PS: ada baiknya mencetak lebih dari atau sepuluh lembar. Kalian masih membutuhkan foto ini ketika di Jerman. (UPDATE : Foto biometris saya tidak berlaku di Jerman. Petugas di Jerman mengatakan bahwa foto saya kekecilan)
2. Dua formulir yang bisa kalian dapatkan di situs Kedubes Jerman (kalian harus membuat rangkap dua dengan tanda tangan asli)
3. Vertrag / Kontrak. PS: Kedubes menerima tanda tangan digital (saya melihat orang yang menggunakannya).
4. Surat undangan dari GF
5. Asuransi
6. Sertifikat bahasa Goethe Institut atau ZIDS
7. Meldebescheinigung (KK milik GF)
8. Scan Paspor dari Gastvater dan Gastmutter
9. CV dan Motivation Letter (Motivation Letter cukup satu lembar tidak usah bertele-tele. Email kalau mau tahu punya saya hehe)
10. Paspor kalian dan uang untuk membayar visa
Nomor 3 hingga 10 saya fotokopi 2 rangkap. Total ada 3 bendel. Saya beri klip dan tulisan mana yang asli dan kopian. 

Saya datang satu jam sebelum janji yang ditentukan. Kemudian menunjukkan Print Out Termin kepada satpam dan dipersilahkan masuk untuk pemeriksaan. Alat elektronik dititipkan di satpam. Setelah itu naik ke lantai dua dan tunjukkan Print out Termin sekali lagi. Nantinya akan diantar ke loket empat. Tunggu sampai nama dipanggil. Kalian akan diberi beberapa pertanyaan oleh petugas yang memeriksa berkas. Kemudian duduk manis dan menunggu wawancara dengan orang Jerman, menggunakan bahasa Jerman di tempat kalian mengumpulkan berkas tadi (tidak di ruangan khusus). 

Saya membaca banyak blog mengenai pertanyaan ketika mengurus visa. Rata-rata pertanyaan seputar GF. Sedangkan saya tidak mendapatkan pertanyaan mengenai GF. Semua pertanyaan itu mengenai saya. Berikut pertanyaan ketika saya mengurus Visa. J sebagai orang Jerman dan Z adalah saya.

J : Halo, selamat pagi. Anda Z?
Z : Ya, selamat pagi
J : Berapa lama Anda belajar bahasa Jerman?
Z : Saya belajar selama enam tahun
J : Enam tahun? Mengapa Anda belajar bahasa Jerman lama sekali? (ekspresinya kaget, tapi saya lebih kaget)
Z : ......Saya belajar dua tahun di SMA dan empat tahun di PTN.......(saya blank di sini, tidak pernah ada yang menanyakan hal itu sebelumnya) saya ingin memperbaiki bahasa Jerman saya.
J : Mengapa Anda mengikuti program ini? 
Z : Saya ingin memperbaiki bahasa Jerman saya dan mencari pengalaman
J : Bisakah Anda memberikan alasan lain? Itu alasan umum
Kemudian saya menceritakan alasan saya. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah saya memiliki teman atau saudara di sana (ini random sekali), berapa lama waktu liburan saya. Berakhirlah wawancara tersebut. Jangan takut dengan orang Jerman yang mewawancarai kalian. Mereka berbicara sangat jelas dan ekspresinya sangat menyenangkan.
 
Saya bertemu dengan tiga calon Au Pair lainnya (dua diantaranya sudah berangkat ketika saya menulis post ini) dan pertanyaannya berbeda serta penuh kejutan! Oh ya, setelah membayar visa, kalian akan diberi kuitansi. Disimpan baik-baik untuk mengambil visa. Waktu itu saya meminta visa dikirim ke Surabaya.

            Ada drama yang cukup menjengkelkan ketika menunggu visa (petugas mengatakan tiga minggu, tetapi rata-rata hanya 10 hari kerja). 10 hari kerja berlalu dan saya putus asa. Saya dihubungi oleh Kedubes pada hari Kamis, tiga hari sebelum Idul Fitri. Mereka menelpon saya pukul 11.00 WIB. Saya mengambil keesokan harinya. Petugasnya sudah berumur dan awalnya tidak menemukan nama saya. Saya tidak sengaja mengintip dan melihat tanggal 14 Juni 2017. Jadi visa saya sudah jadi pada tanggal tersebut. Perasaan saya sudah campur aduk menunggu telepon dari Kedubes dan ternyata…

Foto yang diambil kakak saya setelah mengambil visa di Surabaya

PS : selain yang berkepentingan dilarang masuk ke Kedubes Jerman di Jakarta (tapi di Surabaya boleh masuk). Tambahan 30.000 rupiah jika dikirim ke Surabaya dan dibayar ketika mengambil visa. Banyak berdoa :) Kalau visa sudah kelar, bisa klik Aupair
kalau mau info lebih lanjut bisa DM IG saya @soitsher

Komentar

  1. Halo, infonya sangat membantu, terimakasih ya :) Anyway saya boleh minta email atau kontak/sosmed lain?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. hai.
    Boleh liat CV dan Motivation Letter mu?
    apa ada email yang bisa di hubungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo. Kamu bisa hubungin atau kirim CV dan Motivation Letter ke zmchasingthesun@gmail.com ntar bisa aku kasih saran dan koreksi :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Halo, saya punya beberapa pertanyaan
    boleh tahu motivation letter yang dibuat haruskan full bahasa Jerman atau boleh menggunakan bahasa Inggris ya?
    untuk dokumen, Vertrag, Meldebescheinigung , dan Surat undangan dari GF itu perlukah dokumen asli atau hanya cukup hasil scan jadi bisa dikirim melalui e-mail?
    terakhir untuk asuransi, apakah ini adalah asuransi yang akan dibayarkan GF? atau kita juga perlu untuk membuat asuransi perjalanan untuk tiga bulan pertama? jika yang dimaksud adalah asuransi yang akan dibayarkan GF kira-kira dokumen seperti apa yang perlu disiapkan ya?
    Terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, Motivation letter saya dalam bahasa Jerman. Setahu saya hanya dalam bahasa Jerman. Dokumen bisa discan, terus harus diprint ketika apply visa (GF saya dulu kirim dokumen lewat email, terus saya print). asuransi dibayar oleh GF. GF yang membuat asuransi, mereka butuh data kita saja. kita terima jadi :)

      Hapus
  6. Lengkap banget ceritanyaa seneng denger nya ☺

    BalasHapus

Posting Komentar