PRE AU PAIR 5 - Pertanyaan untuk Gastfamilie



Ketika saya mendaftarkan diri di situs Aupairworld.net, saya tidak bercerita kepada teman-teman saya. Saya merahasiakan hal tersebut. Alasannya sangat klasik, belum tentu berangkat. Saya tidak memiliki kenalan yang banyak (utamanya senior yang mengikuti program tersebut). Akhirnya saya menggunakan kesaktian Google dan para Master Au Pair (yang saya temukan melalui Google haha).  Tentu saja saya sempat meminta bantuan kepada orang lain (salah satu senior dan teman satu angkatan yang nantinya mengurus visa bersama saya), terutama masalah visa. Jangan meminta bantuan jika kalian masih bisa menyelesaikannya sendiri. Ada Google dan nomor telepon Kedubes serta email jika dirasa ada informasi yang kalian ragukan kebenarannya. 

Apa hubungannya opening di atas dengan judul? Kalian tidak bisa menanyakan pertanyaan apa saja ‘yang cocok’ untuk ditanyakan kepada calon GF kalian. Setiap GF menulis informasi yang berbeda di berbagai situs. Baca baik-baik kelengkapan informasi tersebut. Kemudian lamar mereka dan perkenalkan diri kalian. Jika mendapat positive reply, berikan beberapa pertanyaan yang tidak tertera di profil atau hal yang membuat kalian penasaran. Beberapa pertanyaan yang saya berikan, yaitu:
 
1. Apakah jam kerja saya fleksibel atau ada jam yang tetap seperti jadwal? Sebelumnya kalian cek di profil mereka apakah mereka menuliskan fleksibel atau jadwal tetap.
2. Tugas saya selain yang tercantum di profil. Wajib kalian tanyakan dan ketika menerima kontrak, WAJIB kalian cek ulang tugas kalian.


Tugas yang Tidak Dilakukan oleh Seorang Au Pair menurut Aupair.com

3. Kebiasaan maupun hobi GF.
Setelah tiga pertanyaan itu, saya menanyakan hak saya yang belum tertulis (dengan sewajarnya tentunya) dan beberapa pertanyaan yang cukup krusial. Tiap Au Pair memiliki pemikiran yang berbeda, sehingga pertanyaan krusial akan berbeda pula. Lucunya pertanyaan saya itu tidak pernah ditanyakan oleh Au Pair mereka sebelumnya. 

Sedikit tips untuk menghabiskan kuota tengah malam (lho kok?). Kalian bisa melihat vlog para Au Pair dan melihat bagaimana pola tiap keluarga. Biasanya saya melihat vlog Au Pair asal Jerman yang menuju USA. Selain memberikan gambaran pertanyaan apa yang harus saya berikan, saya juga belajar melatih bahasa Jerman saya. PS: Sebelum membuat akun atau sambil membuat akun, alangkah baiknya membaca regulasi Negara yang dituju. Regulasi selain keperluan visa juga hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan seorang Au Pair. Jangan mau menjadi pekerja murah hanya untuk memenuhi feed media sosial :)

Komentar