Rincian Biaya Au Pair di Jerman (Tanpa Agen)



Berapa biaya untuk menjadi seorang Au Pair? Hal tersebut kerap kali ditanyakan. Beberapa hanya memikirkan biaya tiket pesawat. Tetapi biaya yang dibebankan tidak hanya tiket pesawat. Terkadang GF mau membayarkan tiket. Tidak jarang pula seorang Au Pair harus membayar sendiri. Rincian yang saya keluarkan pada bulan Mei-Juli 2017 untuk persiapan Au Pair dari kota MALANG (EXCLUDE TIKET PESAWAT KE JERMAN) sebagai berikut
 
1. PASPOR : Rp. 355.000 (Jangan lupa materai Rp.6000)
2. Foto Biometris : Rp. 50.000 (dapat 20 lembar foto dan CD di Modern Photo Malang, foto jadi hari itu juga)
3. VISA : Rp. 900.000 (kurs hari itu 15.000 dikalikan 60 Euro) UPDATE : Temen saya membayar sekitar Rp. 1.150.000 pada bulan Januari 2018
4. Tiket KA Matarmaja (pengurusan visa ke Jakarta) : Rp. 109.000 x 2 (cek diskon di Traveloka)
5. Kos Harian di Depok : Rp. 25.000 x 3 (ini untuk dua orang bersama kakak saya)
6. Transportasi dan Makan di Jakarta kurang lebih Rp. 200.000 – 300.000 (ini biaya untuk DUA ORANG, naik taksi dua kali, naik KRL dari Depok ke Jakarta empat kali)
7. Tiket KA ke Surabaya (pengambilan visa) : Rp. 9000
8. Biaya Pengiriman Visa ke Surabaya (dibayar ketika mengambil visa) : Rp. 30.000
9. Transportasi selama di Surabaya kurang lebih Rp. 65.000 (sempat memakai Go-Car selama dua kali, bis Patas SBY- MALANG Rp.25.000 saat mendekati lebaran)
10. Pulsa (digunakan untuk Video Call bersama GF, googling dll) : Rp. 200.000
* Jangan lupa hitung biaya kursus dan ujian A1 di Goethe (saya sudah ada sertifikat dari PTN jadi tidak perlu mengikuti kursus dan ujian di Goethe)
* Cek naik turunnya kurs
* Jangan lupa biaya untuk mencetak atau fotokopi berkas, jika memiliki printer maka lebih murah
* Foto biometris bisa lebih murah jika dicetak empat lembar
* Harga dapat berubah dan itu bukan tanggung jawab saya haha


Jangan lupa menyediakan uang lebih untuk keperluan transportasi. Saat saya mengurus visa bertepatan dengan bulan Ramadan. Jadi cukup irit di biaya makan (sempat ditraktir juga haha). Selain kebutuhan di atas, biasanya seorang Au Pair membeli oleh-oleh untuk GF. Kalau tiket pesawat, coba cek dari Indo ke Jerman dan bandingkan berangkat dari Kuala Lumpur. Saya pribadi berangkat dari SBY-KL, baru KL-HAM. Jadi saya bisa saving hingga Rp. 3.500.000 (saya berangkat pada tanggal 29 Juli 2017, tiket mahal dan tidak ada yang murah). Saya tidak turun di Frankfurt karena biaya yang dikeluarkan ternyata beda tipis dan ini pengalaman pertama saya. Jadi daripada repot sendiri, lebih baik mencari aman. Ingat BAGASI ATAU KOPER YANG KALIAN BAWA. 

PS: Jika kalian menggunakan agen di Jerman, kemungkinan biaya akan bertambah :) kalau mau info lebih lanjut bisa DM IG saya @soitsher

Komentar

  1. Hi. Kira2 persiapan kamu sampai bertemu dengan gast family berapa lama?

    BalasHapus
  2. Hi. Kira2 persiapan kamu sampai bertemu dengan gast family berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa baca blog untuk keterangan lebih lanjut :)

      Hapus
  3. Ka kalo viss itubbisa di kirim tanpa harus ambil ke jakarta?

    BalasHapus
  4. Halo,
    mau tanya kak soal registrasi Au Pair tanpa agen. Itu daftarnya gimana ya?

    Makasih

    BalasHapus

Posting Komentar