PRE AU PAIR 4 – Tips Video Call via Skype bersama Gastfamilie



Sudah mendapatkan GF yang cocok dan kontrak sedang atau sudah dikirim oleh GF? Nah, ada baiknya Au Pair melakukan Video Call beberapa kali sebelum berangkat, terutama bersama Gastkinder. Beberapa teman menanyakan kepada saya pertanyaan yang sama : topik yang saya bicarakan ketika melakukan Video Call. Saya sering menanyakan mengenai anak-anak GF saya. Nantinya saya akan mengurus mereka, jadi saya harus tahu kebiasaan mereka. Au Pair GF saya saat ini juga cukup membantu. Wawancara pertama bersama GF saya cukup lama. Seminggu sebelumnya saya browsing apa yang harus saya lakukan. 

Beberapa tips yang saya dapat, yakni :
1. Berpenampilan rapi (bahkan ada yang menyarankan menggunakan make up)
2. Siapkan pertanyaan di sticky notes dan tempel di laptop (atau gunakan kertas yang tidak terpakai)
3. Rapikan kamar atau cari tempat yang tidak bising serta rapi. JANGAN MENGAJAK ORANG LAIN. Ini urusan satu orang (calon) Au Pair, bukan berdua.
4. Persiapkan diri, jangan terlalu memikirkan gramatika (lebih baik perhatikan informasi yang ingin kalian dapatkan dan sampaikan), dan berdoa. Jangan Malas Mencatat Pertanyaan






Kontrak saya dikirim akhir Mei dan tanggal 7 Juni saya mengurus visa, keberangkatan ke Jerman tanggal 29 Juli. Saya melakukan Video Call selama 7 kali. Lainnya hanya sekedar texting di Skype tapi jarang sekali. Durasi Video Call minimum 30 menit. Intinya tiap kali ada yang penting dibicarakan, kedua belah pihak langsung memutuskan Video Call. Saya sering kesusahan mencari kata yang tepat dan mengutarakannya dalam bahasa Inggris. Nantinya akan dibalas dalam bahasa Jerman


Awal Video Call bersama Gastkinder tidak berjalan begitu lancar. Mereka sibuk bermain dan masih malu menjawab pertanyaan saya. Tetapi tidak masalah buat saya. Asalkan mereka tahu wajah Au Pair selanjutnya sudah cukup untuk permulaan. Kemudian mereka melihat sarung bantal saya yang bergambar Mickey dan Minnie Mouse. Akhirnya mereka mau berbicara dan melihat saya. Meskipun sebetulnya mereka ingin saya menunjukkan sarung bantal tersebut hehe. Itu tidak sengaja. Akan lebih baik jika seorang Au Pair sering berkomunikasi dengan GF, terutama anak mereka. Ketika bertemu nantinya, tidak akan terasa canggung. Semakin sering mengobrol, makin banyak informasi yang akan didapatkan oleh seorang Au Pair. Menurut saya, Video Call lebih efektif meskipun menghabiskan kuota paket data hehe. Kedua belah pihak dapat melihat ekspresi dan ada hal yang spontan dalam percakapan tersebut.

Komentar