Au Pair - Pekerjaan di Gastfamilie Lama VS Gastfamilie Baru

"Kamu belum tentu mendapatkan keluarga yang jauh lebih baik." Hal tersebut diungkapkan oleh Gastmutter saya di Stade ketika saya memutuskan untuk pindah Gastfamilie. Jadi pernyataan itu benar atau salah? Mungkin hanya saya yang bisa menyimpulkan. Karena saya adalah orang yang menjalani pekerjaan tersebut. Tetapi ketika seorang Au Pair menemukan 'rumah' di negara orang lain, maka itulah yang disebut 'betah', 'kerasan' dalam bahasa Jawa..
Saya akan tunjukkan melalui tabel agar lebih mudah dicerna oleh calon Au Pair dan Au Pair yang ingin pindah GF. 


Previous Gastfamilie
(Kembar, 4 tahun, Laki-laki dan Perempuan) lokasi Stade
Current Gastfamilie
(Laki-laki 8 tahun, Perempuan 2 tahun) lokasi Adendorf
Free time mulai dari bangun tidur sampai pukul 14.00 (Vacuum cleaner Wohnzimmer tidak lebih dari 7 menit, mengeluarkan piring dari mesin pencuci)
07.15-09.00 membangunkan si kakak, mempersiapkan bekal (roti), mengganti popok si bayi, menyiapkan sarapan si bayi (yogurt/roti/susu)
14.00-18.00 Bermain, membaca, jalan-jalan dengan si kembar
09.00-09.20 vacuum Wohnzimmer, menaruh/mengeluarkan piring dari mesin pencuci
18.00 Makan malam. Setelah makan malam, menyiapkan susu untuk anak-anak, membersihkan meja, dan memasukkan piring kotor ke mesin pencuci
09.20-11.00 menjaga si bayi. Terkadang dia bermain sendiri dan saya hanya mengawasi
19.00/19.30 free time
11.00-13.00 si bayi tidur siang. Jadwal bisa berubah, terkadang si bayi makan terlebih dahulu sebelum tidur.
Free hari Sabtu. Hari Minggu kegiatan dimulai jam 8 pagi (sarapan bersama sampai jam 10, bermain dengan si kembar sampai jam 12, jam 12-14 free, 14-18 bermain dengan si kembar.
13.00-15.30 mempersiapkan makan si bayi dan bermain (saya jarang sekali memasak, biasanya si ibu/ayah yang memasak. Saya hanya menghangatkan makanan)
15.30-16.00 mempersiapkan makan siang si kakak (saya tidak masak)
16.00-19.00 bermain dengan si bayi (si kakak jarang bermain dengan kami). Pukul 18.00 saya memberi makan peliharaan GF
19.00 free time. Saya biasa tidur pukul 20.00. Terkadang si bayi menangis tengah malam dan saya harus ke kamar si bayi untuk memberinya minum atau menyalakan musik tidur.
Free hari Sabtu dan Minggu. Gasteltern bekerja menggunakan jam shift. Shift pagi pukul 05.00-15.30, shift siang pukul 13.00-22.30. Jika ada Gasteltern, saya tidak perlu bekerja.
  

Sebetulnya GF pertama memiliki jadwal yang lebih jelas, namun saya tidak pernah merasa nyaman. Di GF kedua, saya lebih nyaman. Kekurangan dari keluarga kedua, saya tidak bisa mengikuti kursus bahasa Jerman karena pekerjaan kedua orang tua mengikuti sistem shift. Selain itu, Bahnhof tidak bisa dijangkau dengan jalan kaki (saya pernah mencoba dan lelah sekali). Tetapi supermarket hanya lima menit dari rumah dan menurut saya itu cukup. Di Stade, saya harus berjalan 35 menit ke supermarket yang harganya murah dan memiliki banyak pilihan. 
Jadi apakah saya bahagia? Apakah GF kedua jauh lebih baik? Sulit menjawab pertanyaan tersebut. Tetapi saya merasa jauh lebih nyaman di GF kedua meskipun saya harus bekerja ekstra. Sebetulnya bukan banyak sedikitnya jam kerja yang saya perhitungkan, melainkan kenyamanan yang sulit sekali didapatkan jika tinggal bersama orang lain.

Komentar