AU PAIR - Pindahan Bersama Gastfamilie


     Pertengahan bulan April lalu, saya bersama Gastfamilie pindah ke Tespe. Gastfamilie saya membeli rumah di daerah tersebut. Awalnya kami akan pindah sekitar bulan Mei-Juni. Tetapi karena rumah baru sudah layak huni (terutama kamar Au Pair yang direvonasi terlebih dahulu), mereka memutuskan untuk pindah lebih awal. Awalnya saya senang sekali karena Tespe merupakan Ring C HVV, otomatis akan lebih murah transportasi menuju Hamburg. Tempat tinggal saya dulu terletak di Adendorf yang merupakan Ring E HVV. Jadi lumayan boros di transport jika kota Lüneburg tidak bisa mengurangi kebosanan (ketika saya pindah, terdapat halte Flixbus..). 
 
     Rumah yang saya tinggali ini cukup unik baik letak maupun bentuknya. Lebih bagus dan luas daripada rumah lama. Saya sangat suka dengan kamar mandi baru saya dan Garten. Selain itu dengan jarak 3 menit berjalan kaki, saya bisa melihat sungai Elbe dan Bundesland Schleswig Holstein. Di pinggiran sungai Elbe terdapat padang rumput yang luas, banyak perahu, peternakan, dan tempat untuk camping. Hal ini sangat membantu saya untuk menghabiskan waktu bersama Gastkinder. Kami biasa bermain di sungai dan piknik.


Bermain di sungai Elbe

     Meskipun terdapat hal-hal yang menyenangkan di Tespe, saya merasa tidak betah tinggal di sini. Saya rindu sekali Adendorf atau homesick tetapi dengan Adendorf, bukan Indonesia hehe. Di Adendorf yang menurut saya seperti desa (padahal kota kecil) semua dapat dicapai dengan 3-10 menit berjalan kaki. Mulai dari halte bus, Rathaus, berbagai supermarket, Rossmann, Bäckerei, pos, ATM, Resto maupun Imbiss, dokter, Spielplatz , dll. Sayangnya di Tespe, segalanya harus dicapai sekitar 35-40 menit berjalan kaki. Mulai dari supermarket (hanya satu), pos, dokter, ATM. Hanya Halte bus yang bisa dicapai 6 menit dengan berjalan kaki. Selain itu tidak ada bus di hari Minggu. Meskipun bus terakhir hingga pukul 21.00 (di Adendorf bus terakhir pukul 19:30, namun beroperasi pada hari Minggu mulai pukul 13.00). 

     Masalah Aufenthaltstitel dan Anmeldung?  Hal ini cukup repot karena saya tinggal di Tespe (tidak ada ABH di sini, saya Au Pair pertama di daerah ini haha). Langkah pertamamelakukan Anmeldung ke Rathaus setempat. Setelah itu saya mendapatkan Meldebestätigung. Untuk mengubah alamat rumah di Aufenthaltstitel, saya harus pergi  ke ABH di Winsen (Luhe).  Awalnya saya menelpon pihak ABH karena masa Au Pair saya kurang dua bulan. Petugas menjelaskan bahwa saya tidak perlu pergi ke ABH, melainkan ke Gemeinde. Pihak Gemeinde Tespe bisa melakukan hal tersebut (mengganti alamat di Aufenthalstitel) karena saya tidak lagi memperpanjang visa dan pindah rumah, bukan pindah keluarga. Lucunya ketika saya melakukan hal tersebut di Gemeinde Tespe, si petugas tidak tahu hal tersebut dan mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya dia melakukan hal tersebut...

Komentar