PRE FSJ - Hospitation FSJ di Jerman

     Hospitation merupakan salah satu cara agar kita lebih mengenal tempat kita melakukan FSJ, baik kolega, atmosfer di tempat kerja dsb. Saya memulai FSJ 14 Juli 2018 dan melakukan Hospitation pada Februari 2018. Hospitation bisa dilakukan beberapa bulan sebelum kita memulai FSJ, tergantung kepala cabang. Saya melakukan Hospitation pada hari Sabtu (tanggalnya lupa) pukul 13.00-19.00 di sebuah Wohngruppe untuk orang berkebutuhan khusus. Wohngruppe merupakan tempat tinggal mereka. Beberapa Klient memiliki „Wohnung“ sendiri di WG tersebut lengkap dengan dapur, kamar mandi, dll. Di sisi lain, terdapat Klient yang memiliki kamar saja dan berbagi kamar mandi, dapur dengan Klient lain, semacam kos-kosan. Saat itu saya kebingungan mencari tempatnya (maklum, dari Adendorf menuju Hamburg-Nord haha).
 
     Ansprechpartner saya datang pukul 14.00, sehingga selama satu jam saya hanya duduk manis, melihat Klient (kami tidak menyebut mereka sebagai pasien) dan memperkenalkan diri kepada mereka. Akhirnya salah satu kolega saya menunjukkan isi WG tersebut dan nantinya dijelaskan lebih lanjut oleh Ansprechpartner saya. Hari itu merupakan hari yang cukup berbeda, karena WG tersebut memiliki kegiatan rutin setiap bulan, yakni Kegeln (semacam bowling). Kami menuju sebuah restoran (yang sampai sekarang saya tidak bisa melafalkan namanya dengan benar "Tunicis Dubrovnik" :D) dan di dalam restoran tersebut terdapat ruangan untuk Kegeln. Selama perjalanan, saya mengobrol dengan Ansprechpartner saya mengenai apa yang saya lakukan sekarang. Jujur saja saya tidak tahu harus berbuat apa. Terdapat satu Klientin yang jalannya lambat dan saya menemani Klientin tersebut hingga sampai tujuan (dan inilah alasan saya diterima di tempat ini).

     Sekitar pukul 17.30, Ansprechpartner saya mengajak saya keluar dan menanyakan kesan saya terhadap WG ini. Saya jelaskan dengan kemampuan bahasa Jerman saya yang seperti ini sangat sulit untuk memahami Klient yang memiliki kesulitan dalam berbicara dan saya tidak yakin akan mendapatkan Wohnung dengan mudah. Tetapi, saya mendapat respon positif alias diterima. 

      Selama melakukan Hospitation, saya tidak ditunjukkan bagian Pflege sama sekali. Saya hanya ditunjukkan bagaimana orang yang duduk di kursi roda melakukan Kegeln dan melihat bagaimana nantinya saya mendampingi mereka. Sangat penting untuk menanyakan pekerjaan kita nantinya agar tidak kaget. Di sisi lain, terkadang mereka sengaja tidak memperlihatkan bagian tersebut karena kita hanya melakukan Hospitation (topik ini sempat dibahas ketika saya mendapat seminar dari Träger).
     Kontrak saya dapatkan satu minggu setelah Hospitation. Bisa dibilang bahwa jalan saja menuju FSJ ini tidak begitu rumit. Tapi menjalani FSJ sedikit rumit karena kita bekerja dengan orang Jerman, pendapat dan masukan kita sangat dihargai (bahkan ditunggu-tunggu :D). Intinya dunia yang sangat berbeda dengan Au Pair

PS: saya sempat membaca email mengenai Hospitation saya (email ini bisa dibaca semua orang yang bekerja di WG tersebut, bukan stalking). Ansprechpartner saya saat Hospitation menilai bahwa saya pemalu dan sekarang dia menilai saya memalukan haha

Komentar