PRE FSJ - Pencarian Einsatzstelle

     Awal Desember 2017 saya memulai mencari tempat untuk melakukan FSJ. FSJ (Freiwiliges Soziales Jahr) merupakan kegiatan sukarelawan di Jerman. Sebelum saya mencari Einsatzstelle atau tempat kerja,. Träger akan membantu kita dalam mencari Einsatzstelle, konsultasi, persyaratan visa dsb. Saat itu saya melamar ke beberapa Träger melalui situs mereka seperti Internationaler Bund, Diakonie, DRK, IJGD, dsb. 

     Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar secara online melalui situs Träger adalah Passbild, paspor dan Aufenthaltstitel, Lebenslauf, Motivationsschreiben, dan sertifikat bahasa. Nantinya saya akan menerima surat panggilan atau e-mail balasan untuk datang ke tempat mereka dan mendapatkan berbagai informasi yang saya butuhkan untuk menjadi FSJlerin. Sekali lagi peran Mbah Google sangat dibutuhkan. Saya juga mendapatkan saran dari Gastfamilie dan teman.

     Sebelum melakukan pencarian Einsatzstelle, saya memikirkan bidang yang ingin saya geluti. Di sisi lain, saya juga melihat Taschengeld dan keuntungan yang saya dapatkan jika saya bekerja di suatu tempat, terutama masalah Wohnung atau tempat tinggal. Hal ini sangat krusial ketika kalian tinggal di Hamburg :D

     Di waktu yang bersamaan, saya mencari informasi mengenai beberapa Arbeitgeber (pihak yang memberikan kita „pekerjaan“ dan atau menyalurkan kita kepada Einsatzstelle). Saya mendapatkan lima alamat e-mail kepala cabang dan Arbeitgeber saya menyarankan saya untuk menghubungi kepala cabang tersebut secara langsung. Akhirnya saya mengirim e-mail satu – persatu dan mendapatkan balasan, baik negatif maupun positif. Kepala cabang di Hamburg-Nord (bos saya saat ini haha) menghubungi dan mengundang saya untuk Hospitation (kalian akan ditujukkan mengenai situasi pekerjaan, kolega, kewajiban dan hak, dsb di tempat tersebut). Minggu berikutnya, saya mendapatkan undangan dari Träger. Singkat cerita, saya mendapatkan Einsatzstelle terlebih dahulu (sekaligus melakukan Hospitation) kemudian Träger. Beberapa orang mendapatkan Träger terlebih dahulu kemudian Arbeitgeber/Einsatzstelle

     Menurut saya, lebih baik mencari Einsatzstelle terlebih dahulu. Namun pengalaman orang berbeda-beda. Träger seperti IB, memberikan informasi mengenai kontak beberapa Einsatzstelle yang membutuhkan FSJler dan kita harus menghubungi mereka. PS : Träger hanya membantu kita untuk mencari bidang apa yang cocok untuk kita, Einsatzstelle mana yang membutuhkan FSJler. Namun untuk masalah menghubungi Einsatzstelle, semuanya kembali kepada kita sendiri.

Komentar