PRE FSJ - Mengganti Visa Au Pair ke Visa FSJ & Dokumen Untuk FSJ

Mengganti Visa Au Pair ke Visa FSJ cukup mudah, selama dokumen yang diperlukan ada di tangan. Sebetulnya prosesnya cukup cepat karena tidak membutuhkan Zustimmung dari BA. Berbeda dengan Au Pair dan Ausbildung yang membutuhkan Zustimmung dari BA. Träger saya, IB memberikan saya kontrak dan dokumen yang butuh saya tanda tangani beserta langkah untuk mengajukan visa juga mencari tempat tinggal di Hamburg (mencari tempat tinggal di Hamburg merupakan hal tersulit). Sebelum mengajukan visa ke kantor imigrasi, beberapa dokumen harus dilengkapi agar kita dapat memulai FSJ, yakni :

1. Tanda Tangan Kontrak (saya mendapat 3 eksemplar, untuk saya, Träger, Arbeitgeber)
            2. Visa yang BERLAKU.  Beberapa dokumen atau syarat untuk mengajukan visa FSJ di Jerman 

a. Vertrag atau Kontrak FSJ
b. Paspor
c. Personalausweis beserta Zusatzblatt (jika ada, milik saya bewarna hijau)
d. Foto Biometris
e. Bukti memiliki Krankenkasse (Krankenkasse baru untuk FSJ, saya pakai Techniker Krankenkasse karena beberapa hal bisa dilakukan secara online dan melalui app)
f. Vertrag Au Pair (Jika kamu mengakhiri kontrak lebih awal, ada baiknya meminta surat keterangan dari Gasteltern)
h. Meldebstätigung (baik yang baru meskipun yang lama, ketika Au Pair)
i. Mietvertrag

3. SKCK asli dan fotokopi (Biasanya didapatkan di tempat Anmelden, Rathaus)
4. Surat keterangan sehat dari dokter asli dan fotokopi (pergi ke Hausartz, biasanya dikenakan biaya 10 euro)
5. Steueridentifikationsnummer (nomor pajak, bisa didapatkan secara online atau telp ke petugas Rathaus)
6. Fotokopi ATM atau bukti memiliki Bankverbindung
7. Rentenversicherungsnummer (Arbeitgeber akan memberi petunjuk mengenai hal ini)


*Jika sudah memegang Fiktionsbescheinigung FSJ, ada baiknya langsung difotokopi dan dikirim ke Träger maupun Arbeitgeber agar dapat memulai FSJ. Intinya, Träger akan memberikan informasi dan langkah yang harus dilakukan. Jika tidak, kirim email atau telepon ke pihak yang bersangkutan

    Setiap kantor imigrasi (dan petugas) memiliki peraturan yang berbeda-beda. Selama dokumen lengkap, pasti lancar. Saya tinggal di Harburg (Hamburg) dan kantor imigrasi di sini tidak memiliki Wartenummer, serta hanya buka pada senin,selasa, dan kamis. Ketika saya mengajukan visa FSJ, saya harus bangun pukul 4 pagi dan di TKP pukul 5 pagi agar mendapatkan nomor tersebut. Hari itu juga Fiktionsbescheinigung saya jadi, untuk visa saya harus menunggu satu bulan. Visa saya gratis karena saya mendapatkan Teilnahmebescheinigung dari Einsatzstelle (tidak semua mendapatkan dokumen tersebut).

Komentar