FSJ - Pengalaman FSJ - Seminar


     Saya mengikuti program FSJ selama satu tahun dan mendapatkan 5 kali seminar dari Träger. Satu seminar lamanya 5 hari, senin-jumat jam 09.00-16.00. Jadi totalnya 25 hari selama satu tahun. Seminar dihitung sebagai hari kerja. Jadi kalau sakit dan tidak ada surat dokter, maka segeralah mengurus surat dokter. Saya bertemu dengan para FSJ lainnya yang bekerja di berbagai bidang dan tempat yang berbeda, contoh rumah sakit, taman kanak-kanak, pemadam kebakaran, dan klinik terapi

     Seminar pertama saya lebih berfokus pada saling mengenal anggota seminar. Selain itu terdapat games, penjelasan lebih lanjut mengenai FSJ dsb. Seminar ditutup dengan bermain Kegeln (semacam bowling). Lucunya, tempat kami bermain Kegeln merupakan tempat langganan Kegeln Klient saya :D. 

     Seminar kedua berfokus kepada pertolongan pertama, spesifik kepada anak. Tentunya materi dalam bahasa Jerman beserta power point telah menunggu saya. Tidak hanya materi, namun juga kami mempraktekkan secara langsung. Di seminar kedua terdapat Speaker’s corner yang berlanjut di seminar ketiga dan keempat. Di sini kami mempresentasikan sebuah tema yang kita pilih dengan batas waktu 5 menit. Kemudian terdapat sesi tanya jawab, serta kritik dan saran.

     Seminar Ketiga saya sedikit lupa karena saya sempat sakit. Entah benar-benar sakit atau tidak hehe. Jujur saja Referentin (orang yang mengurus segala hal di grup seminar saya) cukup membosankan. Kalau tidak salah seminar ketiga berlangsung di bulan Desember. Kami sempat membuat kue dan membagikan kepada sekelompok tuna wisma yang cukup terkenal di Jerman Hinz & Kunzt. Ya, para tuna wisma tersebut memiliki semacam agensi koran atau buletin yang mereka produksi dan jual. Selain itu, saya mendapatkan seminar mengenai depresi. Tidak lupa juga Speaker’s Corner.

     Seminar Keempat merupakan seminar yang paling menyenangkan. Kami melakukan banyak hal, mulai dari Workshop Sablon danfotografi di Gängeviertel, kemudian mengunjungi Dialog im Dunkel (tempat yang membuat saya melongo, keren. Kalau ke Hamburg wajib ke tempat ini!), melakukan tugas kelompok dan kelompok saya memilih tujuan ke bandara Hamburg, serta kurs Samba. Tidak lupa juga Speaker’s corner giliran saya :D

Workshop Sablon

Mengunjungi Dialog im Dunkeln

Kerja Kelompok di Bandara Hamburg


     Seminar Kelima merupakan seminar wisata. Ya, saya dan grup seminar menginap di Flensburg dan sempat pergi ke Sonderborg, Denmark. Di Flensburg kami mengelilingi kota tua Flensburg, bermain di Escape room, mengunjungi pabrik bir Flensburger Brauerei, museum Braasch Rum dan Phänomenta, serta mengunjungi kastil Sonderborg di Denmark.

Pelabuhan di Flensburg

Kastil Sondeborg

Sonderborg, Denmark
 Di setiap seminar (kecuali seminar terakhir) kami menulis nama kami untuk jadwal piket dan grup refleksi diri. Ketika kami melakukan refleksi, ada beberapa pertanyaan mengenai tempat kerja, kolega, kritik dan saran dll. Tak jarang ada yang menangis ketika melakukan refleksi karena tidak semua tempat cocok untuk kepribadian masing-masing :)

 

Komentar