FSJ - Pengalaman FSJ - Fasilitas dan Keuntungan menjadi FSJlerin


Sebetulnya fasilitas bukan hal yang tepat untuk mendeskripsikan hal yang saya „dapatkan“.  Lebih tepatnya rejeki :D Berikut adalah beberapa fasilitas yang saya dapatkan sebagai FSJlerin di tempat kerja saya *setiap tempat kerja selalu berbeda*

1. Saya tidak perlu membayar untuk perpanjangan visa, Anmeldung tempat tinggal baru dan SKCK. Tips : kalau disuruh bayar, harap simpan Quittung

2. Asuransi ditanggung oleh Arbeitgeber

3. Transport gratis. Ya, saya mendapatkan kartu untuk transport di Hamburg aka HVV Profi-Tiket. Di akhir pekan, saya bisa menggunakan kartu ini hingga ring E serta membawa satu orang dewasa dan 3 anak kecil.

4. Kursus Bahasa Jerman gratis selama 3 bulan bersama para FSJ lain dari Arbeitgeber yang sama. Tidak lupa sertifikat. Jam kursus dihitung sebagai jam kerja.

5. Makanan gratis di tempat kerja (tidak semua tempat kerja seperti ini)

6. Uang makan atau minum kopi jika menemani Klient makan siang di Kantin atau ke dokter dan sebagainya

7. Berbagai acara seru seperti piknik, wisata yang diselenggarakan tempat kerja untuk klien. Tiket masuk tentunya gratis. 

8. Saya mendapatkan uang tambahan untuk membayar kos-kosan (Wohngeld).

9. Di pertengahan bulan saya dapat menentukan Wunschplan untuk bulan berikutnya. Di sini saya menuliskan hari saya ingin (sekali) bekerja dan hari libur maksimal 3 hari.

Komentar