FSJ - Pengalaman FSJ - Hari Terakhir FSJ

        Ada saatnya saya betul-betul lelah di tempat kerja (karena kolega) dan saya berpikir, okay FSJ akan berakhir di beberapa bulan. 14 Juli 2019 adalah hari terakhir saya. 6 bulan yang lalu, saya sangat menantikan hari tersebut. Tetapi semakin mendekati hari H, saya semakin berat menghadapi kenyataan bahwa semua ini berakhir. Terdengar dramatis tapi tempat kerja saya sudah seperti rumah kedua, bahkan saya menghabiskan waktu lebih banyak di tempat kerja daripada di kosan. Sekitar 5 bulan sebelum hari H, bos saya menanyakan rencana saya setelah FSJ. Awalnya saya tidak mempunyai rencana. Tetapi berkat bos saya, saya jadi mempunyai rencana dan rencana itu masih saya tekuni hingga sekarang (saya akan tulis rencana apa itu di blog selanjutnya).

        Seminggu sebelum saya pergi, keadaan berubah. Kolega saya menjadi semakin baik, klien saya juga menyuruh saya untuk memperpanjang FSJ atau bekerja part time di sana dan saya sering berjalan-jalan dengan klien serta berfoto ria dengan mereka :D intinya sedikit stress di tempat kerja haha. Bos sempat memanggil saya dan menanyakan, apa yang ingin saya lakukan di hari terakhir saya. Hari terakhir bertepatan dengan hari minggu di musim panas. Sebulan yang lalu saya meminta libur di tanggal 12 dan 13 juli, agar saya bekerja di hari terakhir saya dan berpamitan dengan selayaknya kepada klien. Saya tidak tahu bagaimana merayakan kepergian saya. Hingga suatu saat kolega saya mengusulkan BBQ. Hal tersebut merupakan ide yang bagus karena Klien saya menyukai BBQ aka bakar-bakar. Akhirnya kami melakukan BBQ. Mereka tahu bahwa saya vegetarian dan memesan sosis khusus vegetarian. 

            Pada tanggal 11 Juli, saya masih bekerja dan sudah di kereta menuju Hauptbahnhof. Tiba-tiba bos saya menelepon saya dan bertanya, apakah saya bisa balik ke tempat kerja sebentar. Karena saya belum jauh dari tempat kerja, saya mengiyakan. Ketika saya sampai, saya diberi rangkaian bunga dan kartu ucapan. Kemudian kolega saya yang bekerja dengan saya di hari itu juga memeluk saya. Bos dan kolega saya berpesan bahwa saya selalu diterima "kembali" bekerja di tempat itu. Saya ingin memposting kartu ucapan tersebut, tetapi sepertinya terlalu privat.Jadi saya mengunduh foto tampilan belakang kartu ucapan dan bunganya saja :D 

 

Kartu Ucapan dari Tempat Kerja

Karangan Bunga

            Saya sangat santai di hari tersebut karena dua FSJ lainnya juga bekerja di hari yang sama. Saya bekerja dari jam 9-19. Ketika saya berangkat dari rumah, saya mampir ke toko roti dan membeli Broetchen untuk sarapan bersama klien. Ketika kami mulai BBQ dan saya mau membantu kolega, saya tidak diperbolehkan membantu dan disuruh duduk menunggu makanan :D Oh ya, di tempat kerja saya ada sebuah kebiasaan ketika salah satu pekerja meninggalkan kantor. kami mengumpulkan uang seikhlasnya tanpa sepengetahuan si pekerja tersebut dan memberikan mereka kejutan berupa hadiah atau semacam perayaan di hari akhir bekerja. Saya tidak berharap banyak karena saya sudah mendapatkan hal yang jauh lebih besar daripada kado berupa Gutschein (semacam voucher) dll. Di hari H, saya mendapatkan foto album dari para Klien dan Kolega, serta gantungan kunci. Kenapa gantungan kunci? Saya sering "kehilangan" kunci saya dan para kolega saya membantu saya mencari kunci tersebut :D

Komentar